Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan START

Selamat datang di Layanan START!

Harap membaca Syarat dan Ketentuan ini secara seksama sebelum Anda mulai menggunakan Layanan START, karena peraturan ini berlaku pada penggunaan Anda terhadap Layanan START.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan START ini merupakan perjanjian antara pengguna (“Anda” atau “Pengguna ”) dan START (“Kami” atau “Layanan START ”) mengatur Anda saat mengakses dan menggunakan situs web (www.startonlinelearning.id), fitur, teknologi, konten, dan produk yang Kami sediakan (selanjutnya, secara Bersama-sama disebut sebagai “Layanan START ”).

Secara umum, Anda harus berusia minimal 18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan agar Anda secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka tindakan Anda mendaftar, mengakses, menggunakan, atau melakukan aktivitas lain dalam Layanan START yang Kami sediakan harus dalam sepengetahuan, pengawasan dan persetujuan yang sah dari orang tua, wali atau pengampu Anda. Orang tua, wali atau pengampu yang memberikan persetujuan bagi Anda yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun bertanggung jawab secara penuh atas seluruh tindakan dan aktivitas Anda dalam penggunaan dan akses terhadap Layanan START. Anda secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Anda berikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini pada waktu Anda dianggap telah dewasa secara hukum.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan START ini, Anda juga menyetujui Syarat dan Ketentuan tambahan, termasuk Syarat dan Ketentuan atas setiap Layanan, dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini (selanjutnya, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan START, Syarat dan Ketentuan tambahan, dan perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Syarat dan Ketentuan”). Meskipun merupakan satu kesatuan, Syarat dan Ketentuan tambahan akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Syarat dan Ketentuan.

Jika Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini, maka mohon untuk segera menghentikan akses dan penggunaan Anda terhadap Layanan START.

A. Definisi

“Layanan START” adalah sebuah layanan sekolah online bagi Siswa di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) di jenjang kelas 1 sampai 6.

“Kelompok” adalah kelompok belajar yang terdiri dari Wali Kelas, Siswa, dan Guru dalam Layanan START dan dibentuk untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh antara Guru dan Siswa berdasarkan jenjang pendidikan masing-masing Siswa.

“Guru” adalah individu dengan kualifikasi pengajar yang disediakan oleh Kami atau afiliasi Kami untuk berperan sebagai tenaga pendidik dalam Layanan START dalam Kelompok yang dibentuk pada Layanan START.

“Siswa” adalah Pengguna yang memiliki peran sebagai Siswa dalam Layanan START.

“Pengguna” adalah setiap orang yang menggunakan Layanan START.

“Kelas Add-on” adalah kelas tambahan belajar di luar jam kelas regular yang bersifat meningkatkan skill individu dan tambahan.

B. Syarat Pendaftaran

Agar dapat diterima untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di Layanan START, calon Siswa (“Calon Siswa”) wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Berumur sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun 0 (nol) bulan pada tanggal 1 Juli 2021 untuk jenjang PAUD atau 6 (enam) tahun 0 (nol) bulan pada tanggal 1 Juli 2021 untuk jenjang SD.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh tim START, dan menyerahkan dokumen-dokumen administratif yang meliputi:
    1. Akta Kelahiran;
    2. Kartu Keluarga;
    3. Pas Foto;
    4. Rapor Terakhir (bagi jenjang SD); dan
    5. Surat Keterangan Pindah (bagi Calon Siswa yang pindah dari Lembaga PAUD atau SD lainnya)
  3. Telah berhasil melakukan transaksi pembayaran pertama

C. Ketentuan Pembayaran

Layanan START dikenakan biaya yang dapat Pengguna temukan sebelum bergabung menjadi Siswa pada Layanan START. Kami dapat mengubah atau memperbaharui biaya dari waktu ke waktu berdasarkan faktor tertentu, dan Kami juga dapat membebankan harga dan/atau biaya dengan besaran tertentu sebagai pembayaran untuk penggunaan Layanan START yang dapat dipungut oleh Kami atau afiliasi Kami.

Pengguna dapat melakukan pembayaran terhadap Layanan START dengan uang tunai atau melalui metode pembayaran elektronik, yang disediakan oleh pihak ketiga independen (“Penyedia Metode Pembayaran”) pada website, termasuk uang elektronik, pinjaman, kartu debit atau kredit, rekening bank, atau metode pembayaran lain (“Metode Pembayaran”) yang dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan Kami sepenuhnya. Layanan START tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian yang disebabkan atas layanan yang disediakan oleh Penyedia Metode Pembayaran, termasuk namun tidak terbatas pada, downtime sistem pembayaran atau terhentinya layanan pembayaran.

Untuk dapat melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran, Pengguna harus terdaftar secara resmi pada Penyedia Metode Pembayaran yang Pengguna pilih dan menggunakan kredensial pembayaran Pengguna sendiri. Dalam hal Pengguna menggunakan kredensial terdaftar pihak lain, Pengguna bertanggung jawab secara penuh atas semua perizinan yang diperlukan dan semua kerugian atau sengketa yang timbul antara Pengguna dan pihak lain tersebut, karena kelalaian atau kesalahan Penggguna.

Calon Siswa Layanan START yang telah memenuhi syarat-syarat sebagaimana dimaksud dalam Poin B Syarat dan Ketentuan Khusus ini dapat membayar paket pembelajaran berupa biaya berlangganan.

Biaya Berlangganan, dimaksudkan untuk membantu pembinaan pendidikan, penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, kesejahteraan personel, perbaikan sarana dan kegiatan supervisi.

Terdapat 3 (tiga) pilihan skema pembayaran Biaya Berlangganan, yaitu:

  1. Pembayaran Dana Biaya Berlangganan per 1 (satu) bulan
    1. Dana Biaya Berlangganan pertama dibayarkan pada saat pendaftaran oleh Siswa.
    2. Dana Biaya Berlangganan dibayarkan paling lambat sebelum masa aktif paket 1 bulan habis setiap bulan berjalan.
    3. Setelah melunasi pembayaran, Pengguna dapat menggunakan fasilitas Layanan START selama 1 (satu) bulan berjalan.
  2. Pembayaran Dana Biaya Berlangganan per 3 (tiga) bulan
    1. Dana Biaya Berlangganan pertama dibayarkan pada saat pendaftaran oleh Siswa.
    2. Dana Biaya Berlangganan dibayarkan paling lambat sebelum masa aktif paket 3 bulan habis setiap berjalan.
    3. Setelah melunasi pembayaran, Pengguna dapat menggunakan fasilitas Layanan START selama 3 (tiga) bulan berjalan.
  3. Pembayaran Dana Biaya Berlangganan per 6 (enam) bulan
    1. Dana Biaya Berlangganan pertama dibayarkan pada saat pendaftaran oleh Siswa.
    2. Dana Biaya Berlangganan dibayarkan paling lambat sebelum masa aktif paket 6 bulan habis setiap berjalan.
    3. Setelah melunasi pembayaran, Pengguna dapat menggunakan fasilitas Layanan START selama 6 (enam) bulan berjalan.

Apabila Pengguna Layanan START yang tidak memenuhi kewajiban pembayaran setelah melewati tanggal jatuh tempo yang ditentukan, maka akan berlaku ketentuan sebagai berikut:

Pengguna yang tidak memenuhi kewajiban pembayaran sebelum masa aktif paket berakhir tidak bisa mengikuti aktivitas pembelajaran dalam Layanan START dan tidak bisa mengakses semua layanan START sampai kewajiban pembayaran paket berlangganan tersebut dipenuhi.

Layanan START berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran Pengguna melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau Kami mempunyai alasan yang cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Pengguna kepada Layanan START.

D. Ketentuan Pengembalian Dana

Pengguna Layanan START berhak atas pengembalian dana biaya berlangganan, “Pengembalian Dana”), dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Pengguna mengalami kerugian yang disebabkan oleh kesalahan dalam transaksi Pembayaran pada Layanan START;
  2. Pengguna salah dalam memasukan nominal pembayaran ketika melakukan transfer pembayaran; dan/atau
  3. Apabila Pengguna secara tidak sengaja melakukan transfer kepada rekening START, yang semestinya ditujukan pada rekening lain untuk keperluan lain.

Proses tahapan pengajuan Pengembalian Dana adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna wajib mengajukan permohonan Pengembalian Dana kepada Kami melalui kontak yang telah disediakan oleh Kami.
  2. Permohonan Pengembalian Dana dilakukan dengan turut menyertakan bukti-bukti yang diperlukan atas alasan permohonan pengembalian dana ke START, seperti nomor rekening, hasil scan dan/atau fotokopi buku tabungan, surat keterangan kesehatan, surat kematian, dan sebagainya.
  3. Permohonan Pengembalian Dana oleh Pengguna akan Kami proses selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari kerja sejak proses verifikasi.
  4. Pengembalian Dana kepada Pengguna hanya dapat dikirim oleh Kami melalui rekening atau transfer bank.

START tidak memiliki kewajiban untuk melakukan Pengembalian Dana kepada Pengguna apabila permohonan Pengembalian Dana dilakukan berdasarkan alasan ketidakcocokan terhadap Layanan START. Dengan melakukan transaksi pembayaran sebagaimana dimaksud Poin B di atas, Pengguna dianggap telah menyetujui dan memahami segala metode START dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Termasuk dalam hal ini adalah peran guru, pengajar, atau fasilitator lainnya di dalam lingkup pembelajaran Layanan START. Untuk menghindari faktor ketidakcocokan antara Pengguna dengan metode belajar mengajar yang disediakan dalam Layanan START, calon Pengguna dapat memanfaatkan program free trial class.

E. Proses Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar di Layanan START akan dilakukan menggunakan layanan pihak ketiga. Sebelum menggunakan layanan pihak ketiga, Pengguna wajib membaca dan memahami syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang ditetapkan oleh layanan pihak ketiga. Penggunaan layanan pihak ketiga oleh Pengguna yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun bergantung pada pengawasan dan persetujuan orang tua atau wali Pengguna. Kami menganjurkan orang tua atau wali yang mengawasi dan mengizinkan anak-anak mereka untuk menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengkomunikasikan tentang keamanan anak-anak mereka secara online. Orang tua atau wali dari Pengguna yang berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun yang menggunakan layanan pihak ketiga harus mengetahui potensi risiko yang dapat Pengguna alami saat menggunakan layanan pihak ketiga, dan sepenuhnya bertanggung jawab atas segala tindakan Pengguna saat menggunakan layanan pihak ketiga.

F. Larangan-larangan

Layanan START selalu berkomitmen untuk menyediakan sarana belajar yang aman dan nyaman bagi seluruh siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar pada Layanan START, Pengguna dilarang untuk:

  1. mencuri aset, sarana, atau prasarana yang disediakan oleh Kami pada Layanan START yang digunakan secara bersama-sama;
  2. merusak aset, sarana, atau prasarana yang disediakan oleh Kami pada Layanan START yang digunakan bersama;
  3. melakukan vandalisme pada aset, sarana, atau prasarana milik START yang digunakan bersama; dan
  4. melakukan kekerasan dan perbuatan tidak menyenangkan terhadap guru dan karyawan aktif START.

H. Dokumentasi Kegiatan Belajar Mengajar

Selama kegiatan belajar mengajar di Layanan START, Kami dapat mengambil gambar atau video atau menggunakan data pribadi Siswa untuk keperluan operasional START. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Khusus ini, maka Siswa dan orang tua/wali Siswa memberikan persetujuan atas proses pengambilan gambar atau video untuk kepentingan dokumentasi dan evaluasi belajar mengajar oleh pihak internal START, dan pemberian data dan informasi pribadi anak untuk kepentingan riset internal START, seperti nama sekolah, jenjang, nama orang tua, dan informasi lainnya yang dibutuhkan.

I. Ketentuan Lainnya

  1. Kami memiliki hak untuk membekukan dan/atau menghapus akun Pengguna yang Kami anggap melanggar ketentuan yang terkandung dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Anda setuju untuk membebaskan dan mengganti-rugi Kami terhadap setiap tuntutan yang diajukan dan kerugian yang Kami timbulkan dalam bentuk apapun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan pelanggaran pernyataan, jaminan atau ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini atau tidak dilaksanakannya suatu kewajiban dalam Syarat dan Ketentuan ini oleh Anda.
  3. Kami dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu, perubahan mana akan diberitahukan kepada Anda dalam bentuk dan melalui sarana apapun, termasuk namun tidak terbatas pada pemberitahuan melalui e-mail ; dan Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk meninjau Syarat dan Ketentuan ini secara berkala. Penggunaan secara berkelanjutan oleh Anda atas Layanan START setelah perubahan dan/atau penambahan Syarat dan Ketentuan yang berlaku, akan dianggap sebagai persetujuan dan penerimaan Anda atas perubahan dan/atau penambahan tersebut.

J. Cara Menghubungi Kami

Untuk menghubungi Kami, silakan menghubungi/mengirim pesan melalui WhatsApp / Email / Form kontak pada page Hubungi Kami

Saya dan/atau orang tua, wali atau pengampu saya telah membaca dan mengerti seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan konsekuensinya dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan ketentuan yang diatur di dalamnya.